Thursday, March 1, 2018

KANJI



Huruf Kanji

Huruf Kanji adalah salah satu huruf yang digunakan di Jepang yang jumlahnya mencapai ribuan huruf. Huruf ini berasal dari Tiongkok dan mulai masuk ke Jepang sejak ribuan tahun yang lalu.
Pada zaman dahulu, kanji disebut dengan mana atau Shinji. Huruf Kanji digunakan untuk simbol konsep atau ide (kata kerja, kata sifat, kata benda dan kata keterangan).

Sejarah Huruf Kanji

Huruf Kanji secara resmi masuk ke Jepang melalui barang dagangan yang diimpor dari China yang lewat melalui Semenanjung Korea pada awal abad ke-3 masehi. Sejak saat itu juga Huruf Kanji sering digunakan untuk menuliskan prasasti dari batu dan yang lainnya.
Namun, sebelumnya 2 orang bernama Achiki dan Wani datang pada masa pemerintahan Dinasti Oojin. Keduanya diyakini sebagai pengajar huruf kanji untuk putra kaisar. Meskipun demikian, Bangsa Jepang telah mengenal kanji sejak abad ke-1 masehi dengan bukti ditemukannya stempel emas di daerah Kyushu.

Karakter Huruf Kanji

Satu karakter kanji bisa memiliki berbagai cara baca yang berbeda-beda. Selain itu, tak jarang pula satu bunyi bisa disimbolkan dengan kanji yang berbeda. Huruf Kanji dibagi menjadi 2 cara pengucapan yaitu ucapan Jepang (kun-yomi) dan ucapan China (on-yomi).

0 comments:

Post a Comment